Rabu, 09 September 2015

PhoneBlock



 Smartphone... Siapa yang tidak tahu mengenai smartphone? Hampir semua orang indonesia mengetahui smartphone itu apa dan Saat ini keberadaan smartphone begitu popular. Untuk menunjang kebutuhan yang kadang tak selalu tersedia computer atau pun tak membawa laptop, smartphonelah yang menjadi pilihan, Bahkan hampir semua orang memilikinya, tak peduli brand ataupun OS smartphone tersebut. Tak jarang produsen besar smartphone seperti Samsung,
Lenovo, Asus bahkan Xiaomi serta yang lainnya sering merilis produk teranyar mereka untuk menarik minat konsumen. spesifikasi yang ditawarkan pun cukup menarik dengan harga yang tentu bisa di jangkau, bahkan smartphone flagship saat ini hampir mendekati spesfikasi yang ada pada laptop maupun PC Desktop.

Namun apakah pernah terbayang bahwa Spesifikasi yang terdapat di smartphone tersebut bisa diubah sesuai dengan keinginan kita? Hal yang mungkin terdengar aneh ini justru direalisasikan oleh Phonebloks. Sebuah lembaga yang membuat konsep bongkar pasang smartphone ini memperkenalkan kepada publik bahwa smartphone yang selama ini tidak bisa di ubah perangkat dalamnya, bisa dirubah dengan konsep ini.Phoneblock ini memiliki arti, Phone yang berarti handphone dan Bloks memiliki arti balok yang bisa dibongkar dan disusun sesuai keinginan seperti LEGO.

Sebagian besar teknologi yang kita temui saat ini berawal dari sebuah ide. Ide yang mungkin terdengar “Gila” atau bahkan “Tak Mungkin” dan ternyata bisa saja untuk diwujudkan. Sesuai dengan nama pembuatnya, smartphone ini juga diberi nama Phonebloks. Phonebloks ini terdiri dari block-block seperti yang ada pada permainan LEGO yang bisa dipasang dan disatukan menjadi smartphone. Setiap block kamera, block baterai, block bluetooth, proccesor dan yang lainya. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan sebuah "Lego"

Hal ini tentu bisa menghemat cukup banyak uang mengingat kalian tidak perlu beli smartphone baru jika ada salah satu komponen rusak atau ingin melakukan upgrade sesuai dengan keinginan. Sebagai contoh, merasa smartphone kamu terasa lemot saat dipakai untuk nge-game?, kalian tinggal beli block “speed” yang lebih cepat, entah itu RAM atau Processor. Suka narsis, foto-foto atau selfie untuk di upload ke sosmed?, kalian tinggal beli block kamera yang memiliki resolusi pixel lebih tinggi yang tentunya hasil jepretannya lebih bagus. Baterai terasa lebih cepat habis dan selalu bawa powerbank kemana-mana?, kalian tinggal beli block baterai dengan daya mAH yang lebih besar. So, jadi lebih hemat biaya tanpa harus membeli smartphone baru kan?.

 




Selain bisa melakukan penghematan, Phonebloks juga memudahkan orang untuk merancang smartphone sesuai dengan keinginannya, tentu ini akan membuat orang jadi kreatif untuk merancang smartphone mereka sendiri, yang biasanya hanya bisa menggunakan, kini dapat merancang sendiri smartphone tersebut.Namun perlu sedikit biaya untuk setiap pembelian block ini, terutama untuk kebutuhan dengan spesifikasi block yang tinggi, tentu harganya akan cukup menguras isi kantong. Akan tetapi tidak semahal apabila kalian membeli smartphone flagship yang baru. Tidak hanya itu, masalah sampah elektronik yang kian waktu terus bertambah juga diharapkan bisa dikurangi dengan konsep teknologi ini jika memang nanti bisa direalisasikan untuk umum.

           Dan apabila hal ini benar-benar bisa direalisasikan untuk umum apakah kalian berminat untuk mengganti mainan LEGO masa kecil kalian dengan Phoneblock ini?. Kita lihat kedepannya apakah produsen smartphone, seperti Samsung, Xiaomi, Asus bahkan Apple akan tertarik merilis smartphone dengan konsep LEGO ini. Dan juga apa yang kalian harapkan dengan konsep dari Phoneblock ini? apakah mampu merubah konsep smartphone saat ini? Bagikan komentar atau pendapat kalian dibawah ini....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar