Rabu, 09 September 2015

CPU Berbasis Lego


        Pernakah kalian bermain lego? dengan lego kalian dapat membentuk apa saja yang kalian imajinasikan dalam bentuk yang unik. Dengan perkembangan zaman yang kian modern dan canggih, tentu dalam dunia teknologi juga mengalami perubahan yang pesat, lihat saja di sekeliling kita, begitu banyak variasi teknologi yang sudah sangat modern, bahkan mungkin cukup untuk menguras kantong untuk mendapatkan satu bijinya. Dan tentu ini akan semakin terus berkembang seiring dengan banyaknya perusahaan teknologi sekelas Google, Apple ataupun Microsoft dalam mengembangkan teknologi terbaru mereka.

            Lego adalah sebuah  mainan yang berbentuk kotak-kotak beraneka warna yang dapat disusun sesuai dengan apa yang kita imajinasikan ini telah menyihir banyak anak-anak untuk tertarik memainkannya. Namun bagaimana jika konsep bongkar pasang yang ada pada lego ini di terapkan pada CPU computer ? memang terdengar aneh,akan tetapi konsep inilah yang membuat salah satu perusahan device  terbesar, Acer untuk membuat Acer Revo Build Series. Inilah PC terkeren saat ini, karena dia bisa dibongkar pasang seperti LEGO bricks. Untuk membuat Acer Revo Build Series kamu hanya perlu memulainya dengan core blocks, kemudian menambahkan komponen-komponen (blocks) lain diatasnya.

Bayangkan saja kamu memiliki PC tower, dimana jika butuh tenaga atau fitur baru, kamu tinggal menambahkan atau mengganti blocks nya saja. Seperti saat kita berada di kantor untuk menyelesaikan tugas dan saat kita sedang ingin bermain game, kita hanya perlu merubah  spesifikasi  dengan hal yang sesuai keinginan. Saat di kantor mungkin kita tak memperlukan spesifikasi yang lebih dibandingkan saat bermain game, mengingat game membutuhkan grafis yang lebih tinggi, kamu hanya perlu menambahkan blocks yang berisi kartu graphics seprti Nvidia atau AMD readon. Namun saat di kantor ataupun di rumah untuk menyelesaikan tugas kita tidak perlu tambahan grafis tersebut. 

Atau katakanlah kamu butuh tambahan storage, tambahkan saja blocks HDD 500GB diatasnya untuk game yang rakus akan memori dan mungkin hanya memerlukan 320 GB disaat menyelesaikan tugas sekolah taupun berselancar di Internet. Hal yang sama bisa kamu terapkan untuk fitur lainnya seperti wireless charging dock, speaker unit, GPU, projector, hingga Microphone. Konsep ini tentu sangat bermanfaat bagi kita, apalagi kita tak perlu beli laptop atau PC baru lagi untuk tiap-tiap kebutuhan. Hal ini tentu bisa menghemat biaya.

Namun di awal kemunculannya ini Acer Revo Build Series masih hanya menyediakan beberapa blocks saja, seperti 500GB HDD Blocks, 1TB HDD Blocks, Wireless Charging blocks, Speaker blocks, GPU blocks, Projector Blocks, dan Microphone blocks. Blocks lainnya bakal ditambahkan di kemudian hari.  Untuk masalah harga Acer mematok dengan harga Core Blocks sekitar 3,2 juta rupiah.  Acer Build Series bakal mulai dijual bulan Oktober 2015 nanti, tapi belum ada informasi untuk detail harga blocks add-on lainnya, akan tetapi tentu jika PC dengan konsep ini populer dan banyak manufaktur menerapkannya, bakal mulai muncul persaingan dan perang harga yang membuat konsumen gembira.



Disisi lain tak hanya CPU computer saja yang mengalami revolusi,  namun diakabarkan hal tersebut akan merambah ke smartphone dengan project Ara yang tengah di promosikan oleh raksasa mesin pencari Google, untuk membuat smartphone bisa dibongkar pasang seperti LEGO, yang tentunya sesuai dengan keinginan.

Apakah kalian tertarik ingin memilikinya apabila Acer Build Series ini jika sudah berada di Negara kalian? Bagikan komentar atau pendapat kalian tentang hal ini....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar